Thursday, December 17, 2020

Bardi Smart Home, Smart Light Bulb, IR Remote, and Indoor Static IP Camera

Hello lovelies,

How are you? Semoga kalian semua dalam kondisi yang baik dan sehat ya. So, recently, thanks to Bardi dan Beaute Femme Community, I got a chance to try on Bardi Smart Home system with some of their home appliances.

Ada Smart Light Bulb, Smart IR Remote, dan Smart Indoor Static IP Camera. Jelas, aku excited banget nyobain ketiga produk ini gara-gara sering nonton acara TV dimana pemilik rumah tinggal voice command dan rumahnya melakukan semua apa yang diminta, "Nyalakan AC, matikan lampu, mood lampu sesuai music yang aku dengar ya.", dan lain sebagainya. Udah menghayal kemana-mana saat tahu akan menerima produk ini, tapi ya jujur, ada juga kekhawatiran, mudah gak ya pengaplikasiannya?

Nah, mari kita bedah satu persatu.

-*-





Ketiga produk ini datang dengan box yang designnya simple dan minimalis tapi semua informasi diberikan lengkap. Selain fungsi dan pemakaian energi, pada pamflet didalam box juga diberikan step-by-step guide, jadi saat membuka box nya, perlahan-lahan kekhawatiran aku hilang.

Hal pertama yang aku lakukan setelah membuka box dan membaca detail informasi adalah mendownload aplikasi Bardi Smart Home (free) yang tersedia di android, pemakai iPhone juga tersedia di App Store, buat kamu yang masih mau bertanya-tanya dulu dan mencari tahu lebih banyak bisa whatsapp Bardi di +628111797911

-*-






Setelah box dibuka, wah, pertama kali melihat produk-produk ini kok lucu-lucu ya, designnya monochromatic dan pas secara ukuran. Setiap item datang dengan chargernya masing-masing, kecuali Smart Light Bulb yang tentunya kita pasangkan dengan rumah lampu yang kita miliki. Bisa lampu meja, lampu di ruangan dan lampu apapun yang kamu ingin pasangkan. Aku sempat kepikiran untuk menjadikan lampu outdoor depan rumah aku, karena warna-warninya itu seru banget, bisa membantu merubah suasana depan rumah aku apalagi saat malam tiba, biar pas bulan-bulan tertentu agak spooky, saat Valentine aku pasang warna pink dan lainnya.

Ah ya, balik ke setting ya, jadi setelah mendownload aplikasi Bardi Smart Home, aku mulai pairing satu persatu. Paling mudah di pair adalah Smart Light Bulb, waktunya relatif lebih singkat dibanding IR Remote dan Indoor Static IP Camera. Tidak berbeda jauh sih, mungkin pairing Smart Light Bulb butuh 2-3 menit, Indoor Static IP Camera butuh 5-7 menit dan IR Remote sekitar 7-10 menit termasuk waktu menunggu masing-masing alat dirumah untuk terkoneksi dengan IR Remote (TV, AC, dsb).

-*-




Indoor Static IP Camera aku letakkan di kamar anakku dengan pemikiran safety (dan mungkin ini merupakan banyak alasan orang tua membeli camera seperti ini untuk dipasang didalam rumah), mungkin untuk menjaga keamanan anak-anak dirumah bersama pengasuh atau mungkin yang memiliki orang tua dengan bantuan pengurus.

Daya tangkapnya sangat baik dan bisa membantu kita menyalurkan suara dari apliakasi. Jadi saat ingin menyampaikan pesan secara langsung, kita bicara dengan app (mungkin di smartphone) dan akan langsung disampaikan oleh Camera.

Berikut detail lengkap dari Bardi:

"Bardi Smart IP Camera adalah kamera pintar yang dapat menyalurkan video berikut suara kepada smartphone dan suara dari smartphone.

Kamera Bardi memiliki slot sd card max 128GB (tidak termasuk) dan dapat memberi notifikasi bila ada yang lewat pada jam yang di tentukan dalam aplikasi. Pada posisi gelap akan otomatis switch ke night vision."

-*-





Berikut penampakan pada smartphone, kita bisa melihat secara live, HD,  dan full color, melakukan screenshot, speaker, record, playback, cloud storage, alarm and everything we can do in the touch of our fingers.

Pastinya camera semacam ini sangat berguna juga di office, toko, dan sebagainya dimana keamanan dan pengamatan sangat diperlukan. IP Camera perlu terkoneksi dengan listrik non stop dan sambungan wifi atau internet yang baik.

-*-




Next, aku mencoba IR Remote:

"Bardi Smart IR Remote adalah pemancar infrared pintar yang bisa di kendalikan melalui aplikasi selama ada wifi/hotspot.

Remot ini dapat menggantikan semua remot infrared dengan mayoritas sudah ada dalam daftar dan bila tidak ada, bisa di duplikat signal infrared dari remot lama ke remot Bardi."

Alat ini terlihat seperti lingkaran hitam yang cukup mungil dan warnanya hitam solid di seluruh permukaan. Setelah di pair dengan aplikasi Bardi Smart Home di smartphone, kita tinggal assign peralatan di rumah kita untuk teregistrasi, untuk saat ini aku hanya memasangkan dengan TV dan AC, karena kedua remote ini kadang punya kaki dan bisa jalan-jalan sendiri. Belum lagi kadang umur remote yang tidak terlalu lama atau mudah rusak, dengan adanya IR Remote, aku gak perlu lagi menggunakan banyak remote dirumah dan semua digantikan dengan satu apliasi Bardi Smart Home dalam satu smartphone.

Produk Bardi juga masih banyak seperti Smart Lights, Smart Pet Series, Smart Security System. Produk Bardi powered by Tuya, global ai+iot terkemuka di dunia dan bisa melakukan voice command atau perintah suara dengan alexa, google assistant, dan siri. Buat kamu yang tertarik, semua produk Bardi ada di berbagai marketplace, tinggal search aja, pasti ketemu. Kisaran harga produk Bardi masih di angka Rp.100 rb, jadi cukup terjangkau ya.

-*-



Saat IR Remote difungsikan, aku assign TV dan bisa memilih jenis remote yang paling sesuai dengan type TV aku, demikian pula dengan AC, kita bisa memilih merk dan spesifikasi yang diinginkan. Tentunya merk dan teknologi home appliance yang kita miliki berpengaruh, aku merasa lebih mudah menghubungkan produk yang baru diproduksi selama 5 tahun terakhir ini dibandingkan produk lama.

Mungkin berhubungan dengan teknologi atau 'ketajaman sinyal' masing-masing alat tersebut, aku juga kurang mengerti, namun sepertinya begitu di rumah aku.

-*-



Last but not least, Smart Light Bulb yang bikin aku asli hyper, anak-anakku pun, karena kita semua senang banget bisa punya lampu yang cukup satu, tapi spectrum warnanya melingkupi hampir semua warna yang ada di banyak toko cat. Cukup satu bohlam, ambiance ruangan menjadi berbeda, mood pun menjadi lebih dimanja, bahkan kalau kita mendengarkan music ada warna-warni lampu yang mengikuti alunan dentum music yang kita dengarkan.

Aku sendiri masih mengeksplor beberapa tone, yang aku sukai mulai dari penampilan sunset atau matahari terbenam di pinggir pantai, pilihan ini ada di 'scene', kita bisa memilih dan assign sesuai dengan yang kita inginkan.

-*-




Pilihan warnanyapun sangat sensitif dan lembut. Every color comes with their own option of brightness dan contrast, amazing right?! Makanya kemarin pas baru install, kita semua sibuk 'mainin' lampu ini sampai 3 jam. Malampun kita ditemani dengan lampu pink lembut yang katanya bagus untuk membawa suasana menjadi lebih relaks. Karena sangat soft, kami nikmati 'nuance' dari tone warna tersebut dengan kesan yang sangat lembut.

Dan seperti pilihan diatas, bisa terlihat kitapun bisa memilih warna yang sangat bold dan berani. Imagine having all these options for your youtube video and beauty photo shoots.

-*-





Soft pink lembut dan deep purplish blue menjadu warna-warna favorit aku saat ini, namun pastinya, aku akan terus mencoba warna-warna lain sesuai dengan mood aku. It's trully a liberating experience with Smart Light Bulb, akupun merasa lebih bisa berkreasi dan menikmati ambiance di ruangan dengan lampu tersebut, now I wish all my light bulbs are from Bardi.

-*-





Thank you so much for Bardi for bringing us this wonderful innovation, buat kamu yang mau cobain, what are you waiting for, get yours now and live in the future.

2 comments:

  1. wih keren bgt ci 😍

    ReplyDelete
  2. wuah lampunya keren banget kak :( aku uda liat liat reviewnya, emang Bardi ini salah satu produk lokal bagus dan terjangkau

    ReplyDelete